Perlu diketahui, pemasaran adalah salah satu aspek terpenting dalam menjalankan bisnis, bisa dikatakan pemasaran merupakan jantung pada dunia bisnis. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu merancang strategi pemasaran yang efektif guna mencapai target pasar atau memenuhi kebutuhan pasar yang berorientasi pada peningkatan penjualan. Berikut adalah 4 Strategi Bisnis Jitu dalam bidang pemasaran yang dapat membantu perusahaan meraih kesuksesan:
4 Strategi Bisnis Jitu dalam Pemasaran
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen berdasarkan karakteristik tertentu. Mengelompokkan konsumen memiliki tujuan untuk memahami secara mendalam karakter yang dimiliki antara konsumen satu dan lainnya. Tidak lupa, segmentasi pasar juga bertujuan memenuhi kebutuhan kelompok-kelompok yang dimaksud.
Menurut Kotler segmenting itu dibagi menjadi empat:
Demografi: Berdasarkan karakteristik seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, dan status perkawinan. Geografi: Berdasarkan lokasi geografis, seperti negara, wilayah, atau kota. Perilaku: Berdasarkan perilaku pembelian, kepercayaan, loyalitas, atau tingkat penggunaan produk. Psikografis: Berdasarkan gaya hidup, nilai-nilai, preferensi, atau kepribadian konsumen.
Sebagai contoh, Anda memiliki usaha bakso. Kemudian lapak bakso Anda berada di area sekolah, secara otomatis usaha Anda perlu mengikuti perilaku dari anak-anak sekolah sebagai segmen Anda.
Jalankan Media Sosial
Di era digital ini, media sosial menjadi salah satu platform pemasaran yang sangat efektif. Perusahaan dapat memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Tik-tok. Bukan tanpa alasan, sosial media adalah wadah untuk berinteraksi dengan konsumen. Tak hanya sampai disitu, Anda perlu membangun merek dan meningkatkan kesadaran merek. Perlu digaris bawahi merek Anda harus diketahui khalayak umum, jika tidak ada yang mengetahui merek Anda, tentu masyarakat tidak sadar kalau Anda sedang menjalankan sebuah bisnis. Saran dari saya, Anda perlu melakukan konsultasi dengan konsultan media sosial seperti (inilozul).
Membangun atau mengikuti Komunitas
Komunitas juga perlu dibangun, mungkin lebih sederhana Anda perlu melakukan komunikasi dengan kekuatan suatu organisasi. Contoh Anda dari lulusan SMA Negeri 01 Batu, Anda perlu menghubungi teman-teman SMA untuk memperkenalkan bisnis Anda. Jika ada acara alumni, Anda harus menawarkan diri untuk berpartisipasi sebagai sponsor atau donatur.
Program loyalti atau diskon.
Pada masa-masa tertentu, Anda perlu melakukan melayani yang lebih pada konsumen. Mungkin ketika bulan Ramadan kasih diskon kepada konsumen-konsumen tertentu, konsumen akan merasa diistimewakan dan merasa menjadi raja ketika berkunjung ke Bakso Anda. Selanjutnya Anda merlu mengadakan program membership untuk kalangan tertentu, member akan menjadi pelindung, pendukung dan investor bagi bisnis Anda. (Sal)