Eksplorasi Bakat Anak dengan Instruktur Perfumery Internasional

Malang, JATIMLINES.ID – Setiap anak memiliki bakat yang dapat dikenali melalui multiple intelligences berdasarkan teori Howard Gardner, yang mencakup delapan jenis kecerdasan. Namun, kedelapan kecerdasan tersebut belum mencakup kecerdasan olfaktori. Padahal, kecerdasan olfaktori juga merupakan bakat yang sangat baik untuk dikembangkan pada anak. Oleh karena itu, alam event Grasse van Java International Exhibition 2025 oleh Depo Aroma Malang, menggandeng pemateri dan instruktur berpengalaman dalam mengadakan lomba meracik parfum yang ditujukan untuk anak-anak. Acara ini berlangsung pada Minggu, 26 Januari 2025, di Malang Creative Center (MCC), Selasa (4/2/2025).

“Olfaktori adalah istilah ilmiah untuk indera penciuman dan memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan otak, emosi, memori, hingga kecerdasan anak dalam mengeksplorasi berbagai macam aroma. Selain itu, peningkatan rasa empati melalui pemahaman bahwa setiap individu memiliki preferensi aroma yang berbeda juga menjadi nilai tambah dalam pelatihan kemampuan olfaktori pada anak. Aktivitas yang melibatkan indera penciuman juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bekerja sama dalam tim serta melatih fokus mereka dalam kegiatan sehari-hari,” tutur apt. Amanda Noor G., S.Farm., selaku instruktur lomba dan workshop meracik parfum untuk anak-anak.
Kegiatan ini juga diramaikan oleh pembicara dan ahli parfum (perfumery) dari luar negeri, yaitu Jeremy Akoum dari Prancis, perwakilan TechnicoFlor Parfums Jakarta, dan Shalin P. Kale dari Aquila Organics Pvt. Ltd., India.


“This perfume competition for kids is very impressive for children’s development. It can be a way to introduce fragrance products from an early age and prepare children to develop talents in perfumery. There are many things that can be explored from fragrances in Indonesia, with a very large target market and the potential for fragrance product development,” said Jeremy Akoum.
(Kutipan tersebut berarti: “Kompetisi parfum untuk anak-anak ini sangat mengesankan untuk perkembangan mereka. Ini bisa menjadi cara untuk memperkenalkan produk-produk wewangian sejak dini dan mempersiapkan anak-anak untuk mengembangkan bakat di bidang pembuatan parfum. Ada banyak hal yang bisa dieksplorasi dari wewangian di Indonesia, dengan pasar yang sangat besar dan potensi pengembangan produk-produk wewangian,” tutur Jeremy Akoum, selaku Manajer Direktur TechnicoFlor Parfums Jakarta.)
Penulis: Fina Indriani
Editor: Red
