Dewasa ini, disiplin ilmu pengetahuan teruslah berkembang, salah satunya adalah ilmu pemasaran. Perkembangan ilmu pemasaran ini disebabkan faktor pendorong utama yakni perubahan perilaku konsumen yang sangat dinamis.

Seperti yang kita ketahui, pada masa COVID-19 perilaku konsumen yang sebelumnya lebih suka belanja offline menjadi lebih suka belanja online karena kepraktisannya dan juga keamanan dari interaksi langsung dengan orang asing. Kini, setelah pandemi berakhir sebagian besar konsumen mulai mencari suasana baru dalam berbelanja.

Saat ini, dengan adanya kedua kebiasaan konsumen berbelanja yakni offline dan online ini secara tidak langsung menuntut para pebisnis dan marketer untuk merubah strategi pemasarannya, salah satunya dengan strategi yang namanya Phygital Marketing. Lantas apa itu Phygital marketing?

Apa itu Phygital Marketing?

Phygital marketing adalah sebuah konsep yang menggabungkan konsep Physical(fisik) dan Digital yang mana tujuannya adalah menciptakan pengalaman yang maksimal dan terbaik untuk pelanggan. Phygital marketing ini menuntut seorang pebisnis dan marketer mampu menggunakan saluran fisik dan digital untuk mendukung transaksi dalam bisnis. Dalam prakteknya, kondisi ini menyebabkan adanya variasi pengalaman yang dirasakan oleh konsumen. Bukan hanya itu, dengan mengkombinasikan strategi fisik dan digital, sebuah bisnis akan lebih cepat dan berkualitas pelayanannya.

Apa Keuntungan Menggunakan Phygital Marketing?

  • Menciptakan Pengalaman Tanpa Batas

Kombinasi antara strategi digital dan fisik ini akan membuat konsumen merasakan banyak kemudahan dan juga pengalaman belanja ataupun transaksi yang lebih fleksibel dan cepat bagi mereka.

  • Membantu Keputusan Pelanggan

Kehadiran ketersediaan secara fisik dan digital dapat membantu konsumen dalam menentukan keputusan. Konsumen bisa mengetahui fisik produk langsung ataupun mengetahui secara sekilas melalui kanal digital yang telah ada.

  • Meningkatkan Penjualan

Dengan pengalaman serta kemudahan yang muncul akibat kombinasi digital dan fisik, kemungkinan orang untuk membeli akan semakin tinggi. Pada prakterknya, kombinasi digital dan fisik ini bisa membantu meningkatkan daya tarik yang otomatis bisa berpengaruh ke penjualan.

Nah, dari keuntungan tersebut bisa kita simpulkan bahwa konsep Phygital ini sangat efektif jika kita bisa memaksimalkannya dan menerapkannya dalam bisnis. Gimana,sobat jatimlines sudah nerapin strategi ini belum?

Mungkin sekian pembahasan tentang Phygital Marketing, jangan lupa untuk tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya !! (zul)

photo by : kaboompics

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan