Acara bertajuk “LOKALISME 2024” diselenggarakan di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu, dari Selasa hingga Jumat, 6-9 Agustus 2024. Tujuan acara ini adalah untuk mendorong masyarakat memprioritaskan produksi dan konsumsi barang lokal, memperkuat identitas lokal, serta melestarikan perilaku dan budaya lokal.
Acara yang megah ini memiliki tagline yang berbunyi : LOKALISME 2024 MAKIN LOKAL MAKIN BANGGA!
LOKALISME 2024 dihadiri oleh Pj. Wali Kota Batu, Forkopimda Kota Batu, Kepala OPD Pemkot Batu, OJK Malang, pelaku Ekonomi Kreatif Kota Batu, serta berbagai perusahaan yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan melalui Job Fair.
Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, setelah membuka acara, menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya memperkuat produk dalam negeri. “Komitmen kami adalah mendukung produk usaha di Kota Batu agar tepat sasaran. Produk-produk dari Kota Batu sangat berkualitas. Saya sendiri menggunakan produk Kota Batu, mulai dari udeng hingga produk lainnya. Dengan memakai produk lokal, kita mendukung produk tersebut,” kata Aries.
Aries juga menyebutkan bahwa acara ini membuka peluang kerja dan konsultasi dengan pelaku ekonomi kreatif. “Kami ingin produk usaha kita diminati dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Terima kasih kepada perusahaan yang mengikuti job fair. Acara ini diharapkan menjadi langkah nyata untuk meningkatkan kesejahteraan di Kota Batu,” tambahnya.
Berbagai kegiatan menarik juga diadakan, termasuk e-Purchasing Awards, Business Matching #2, talkshow dan pameran Pentahelix Inisiatif, Kolaborasi, Inovasi, Expo Ekonomi Kreatif, Job Fair dengan 23 booth menawarkan 2.475 lowongan pekerjaan, serta UMKM dan Market Fair. Acara ini juga menampilkan e-Purchasing Awards dan talkshow tentang kebijakan e-purchasing.
LOKALISME 2024 diharapkan menjadi bukti nyata kebanggaan menggunakan produk lokal dan kolaborasi berbagai pihak untuk mendorong ekonomi kreatif di Kota Batu. Mari kita dukung dan banggakan produk lokal!