Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang adalah kegiatan pendampingan serta pelayanan mahasiswa untuk pengembangan serta pemberdayaan masyarakat dalam menerapkan aplikasi, desain, teknologi atau perubahan sosial kea rah yang lebih baik. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.
Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini salah satunya dilakukan oleh Kelompok 110 Gelombang 2. Anggota kelompok 110 gelombang 2 terdiri dari Hetti Nurani, Azhari Anugerah Majidah, Karunia Intan Wulansari, Yoga Dwi Oktamaria, dan Nur Aisyah Rahmaniyah, serta dibawah arahan dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu Ibu Hudaniah, S.Psi., M.Si.
Kelompok 110 Gelombang 2 melakukan tugasnya di TK Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA) 36 Kelurahan Tulusrejo, Kota Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilakukan oleh kelompok 110 gelombang 2 salah satunya yaitu melakukan pawai bertema kemerdekaan dengan menggunakan pernak-pernik hiasan dari media loose part. Pernak-pernik yang digunakan oleh murid TK Aisyiyah Busthanul Athfal (ABA) 36 Kota Malang ini adalah hasil karya para murid dari media loose part yang sudah dibuat pada hari sebelumnya.
Media loose part merupakan media yang terbuat dari bahan-bahan lepas yang bisa direkayasa, dipindahkan, untuk cara memainkannya sesuai keinginan anak. Contohnya seperti bahan dasar alam, bahan plastic, bahan logam, bahan kayu dan bambu, bahan kaca dan keramik, bahan benang dan kain, serta bahan bekas kemasan.
Kegiatan ini dilakukan pada Bulan Agustus 2024, dengan berjalan berkeliling di sekitar lingkungan sekolah dengan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional. Para murid menunjukkan rasa semangat dan antusiasnya dalam kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri para murid.
Referensi : https://ejournal.stai-tbh.ac.id/mitra-ash-syibyan/article/view/562https://dp2m.umm.ac.id/id/pages/pmm.html
Penulis: Nur Aisyah Rahmaniyah
Editor: Schaldy