Perkembangan anak merupakan hal krusial yang perlu dipahami oleh setiap orang tua dan juga lingkungan sekitar anak hingga sekolah. Dalam ranah psikologi, perkembangan anak dapat dijelaskan melalui teori perkembangan anak milik Jean Piaget yang mencakup 4 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut mencakup tahap sensorimotor, tahap pra operasional, tahap operasional konkret, dan tahap operasional formal.
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) memberikan edukasi mengenai perkembangan anak kepada Posyandu Permata RW XII Ngijo dan juga TK Permata Apsari Ngijo melalui psikoedukasi. Kelompok 54 Gelombang 9 PMM Bhaktiku Negeri Tahun 2024 memberikan edukasi mengenai tahapan perkembangan anak, khususnya teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan isu-isu perkembangan lainnya, juga permasalahan-permasalahan terkait dengan perkembangan anak. Program ini secara langsung menargetkan para guru TK, wali murid, serta kader posyandu sebagai audiens utama yang dapat berperan langsung dalam perkembangan anak.
Di posyandu, program psikoedukasi diarahkan pada edukasi tentang perkembangan kognitif dan isu-isu perkembangan anak. Melalui ceramah, tanya jawab, hingga diskusi interaktif, para kader posyandu diberi pemahaman mendalam tentang bagaimana mengenali tanda-tanda perkembangan pada anak, serta cara menangani berbagai masalah perkembangan yang mungkin muncul. Kegiatan ini juga melibatkan pembagian infografis yang mudah dipahami, sehingga para mahasiswa dapat dengan mudah menyampaikan informasi ini kepada ibu-ibu yang datang ke posyandu. Infografis yang diberikan meliputi ringkasan tahapan perkembangan anak menurut Jean Piaget, sifat-sifat perkembangan, isu-isu perkembangan, tahapan perkembangan, hingga video-video terkait dengan perkembangan anak dalam bentuk QR code.
Sementara itu, di TK, program psikoedukasi menyasar kepada para guru dan wali murid dengan tujuan utama pada penanganan masalah perkembangan anak yang sering ditemui di lingkungan pendidikan usia dini. Dalam sesi ini, para mahasiswa memberikan wawasan kepada para guru dan wali murid mengenai tahap-tahap perkembangan anak, permasalahan-permasalahan dalam perkembangan anak, gangguan-gangguan bawaan serta penanganannya. Para guru dan wali murid menunjukkan antusiasme mereka dalam mengikuti diskusi dan berbagi pengalaman selama kegiatan psikoedukasi ini berlangsung.
Dengan diadakannya program ini, diharapkan tidak hanya dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman mengenai perkembangan anak di Desa Ngijo, tetapi juga memberikan strategi untuk menangani berbagai isu perkembangan anak.
Penulis: Amanda, Kelompok 54 Gelombang 9 PMM
Editor: Schaldy